Langsung ke konten utama

PROGRAM PENINGKATAN MUTU PENYUSUNAN DOKUMEN AKREDITASI


Mutu pelayanan Rumah Sakit adalah derajat kesempurnaan pelayanan Rumah Sakit untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan dengan menggunakan potensi sumber daya yang tersedia di Rumah Sakit secara wajar, efisien dan efektif serta diberikan secara aman dan memuaskan sesuai dengan norma, etika, hukum dan sosial budaya dengan memperhatikan keterbatasan dan kemampuan pemerintah dan masyarakat.
Peningkatan mutu secara menyeluruh meningkatkan keselamatan pasien dan memperkecil risiko pada pasien dan staf secara berkesinambungan.
Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dapat diartikan keseluruhan upaya dan kegiatan secara komprehensif dan integratif memantau dan menilai mutu kesehatan, memecahkan masalah-masalah yang ada dan mencari jalan keluarnya, sehingga mutu pelayanan kesehatan diharapkan lebih baik.
Keselamatan pasien Rumah Sakit adalah suatu sistem di mana Rumah Sakit membuat asuhan pasien lebih aman yang meliputi asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan risiko pasien, pelaporan dan analisa insiden, kepemimpinan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya, serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko, mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat dilaksanakan suatu tindakan/tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil.
Untuk itu Rumah Sakit Islam “SUNAN KUDUS” mengadakan kegiatan Pelatihan Staf agar mutu pelayanan di Rumah Sakit senantiasa meningkat demi menjamin keselamatan bagi pasien dan karyawan.
Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam hal SISMADAK di Rumah Sakit Islam “SUNAN KUDUS”.
Aplikasi SISMADAK atau Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi merupakan aplikasi alat bantu yang diperuntukkan bagi Rumah Sakit yang mengikuti program Akreditasi yang diselenggarakan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Pada Hari / Tanggal      : Senin & Selasa / 23 & 24 Desember 2019
Pukul                             : 08.00 WIB s/d Selesai
Tempat                         : Aula Serbaguna Lantai 2
Telah Diselenggarakan acara Pelatihan
Dengan Judul Kegiatan : Program Peningkatan Mutu Penyusunan Dokumen Akreditasi
Pada acara tersebut        :
Sebagai Narasumber      : Dr. Wawan Eko Darmawan
  Andi Budi S. AMAK
  Alfiyan (IT)
  Djoko Santosa, S.Kep.
Sebagai Moderator        : Sugiyarti, S.Kep., Ners.
Dengan jadwal sebagai berikut :
Pukul
Acara
Keterangan
08.00 – 08.15
Registrasi & Pembukaan
Panitia
08.15 – 08.30
Safety Brefing
Satuan Pengamanan
08.30 – 08.35
Manyanyikan lagu Indonesia Raya 
Seluruh Hadirin secara Bersama-sama
08.35 – 08.50
Pre Test
Peserta
08.50 – 09.00
Sambutan Direktur sekaligus Pembukaan Acara IHT

09.00 – 09.30
Penyampaian Materi PMKP SNARS Edisi I
Dr. Wawan Eko Darmawan
09.30 – 10.00
Penyampaian Materi Keselamatan Pasien.
Dr. Wawan Eko Darmawan
10.00 – 10.15
Coffee Break

10.15 – 10.30
Penyampaian Materi Teori SISMADAK
Andi Budi Sutrisno, AMAK
10.30 – 10.45
Penyampaian Materi Indikator Mutu
Djoko Santosa, S.Kep
10.45 – 11.30
Praktek dan Simulasi Aplikasi SISMADAK secara langsung
Alfian (IT)
11.30 – 11.45
Post Test
Peserta
11.50
Penutup
Panitia

Susunan Acara Pelatihan           :          
1.    Registrasi dan Pre test untuk peserta.
2.    Safety Breafing Oleh Satuan Pengamanan (Maulida)
3.    Pembukaan, Oleh Pembawa Acara (Sugiyarti), dilanjutkan Menyanyikan Lagu Kebangsaan. Oleh Seluruh Hadirin
4.    Sambutan Direktur Rumah Sakit Islam “SUNAN KUDUS” diwakili Oleh Dr. Antin Yohana.
5.    Penyampaian Materi dan Pelatihan Peningkatan Mutu Dan Keselamatan Pasien Snars Edisi I Dan SISMADAK sebagaimana terjadwal Oleh pemateri
6.  Tanggapan, pertanyaan, kritik/ saran, masukan dari Peserta Pelatihan dan Tanggapan dari Penyaji.
7.     Penutup oleh Ketua Panitia (Dr. Wawan Eko Darmawan)

Kehadiran peserta dalam 2 hari sebanyak 34 orang, panitia yang termasuk peserta sebanyak 13 orang, dan jumlah kehadiran peserta pelatihan sebanyak : 100%.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT ISLAM "SUNAN KUDUS"

U paya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dapat diartikan keseluruhan upaya dan kegiatan secara komprehensif dan integratif memantau dan menilai mutu kesehatan, memecahkan masalah-masalah yang ada dan mencari jalan keluarnya, sehingga mutu pelayanan kesehatan diharapkan lebih baik. Keselamatan pasien rumah sakit adalah suatu sistem dimana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman yang meliputi asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan risiko pasien, pelaporan dan analisa insiden, kepemimpinan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya, serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko, mencegah terjadinya cidera yang diesebabkan oleh kesalahan akibat dilaksanakannya suatu tindakan / tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil. Program kerja dibuat berdasarkan pedoman peningkatan mutu, standar pelayann minimal rumah sakit, standar akreditasi rumah sakit, panduan keselamatan pasien, peraturan pemerintah, peranturan menteri kese

KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT ISLAM SUNAN KUDUS

Keselamatan pasien / Patient Safety   Rumah Sakit Adalah suatu sistem dimana Rumah Sakit membuat asuhan pasien lebih aman yang meliputi :         Assesmen resiko,         Identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan resiko pasien,         Pelaporan dan analisis insiden,         Kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya,         Serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya resiko dan mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil. RUANG LINGKUP : Insiden Keselamatan Pasien ( IKP ) Setiap kejadian yang tidak disengaja dan kondisi yang mengakibatkan atau berpotensi mengakibatkan cedera yang dapat dicegah pada pasien. Insiden Keselamatan Pasien meliputi : A.   Kejadian Sentinel Suatu KTD yang mengakibatkan kematian atau cedera yang serius. Kejadian sentinel meliputi keadaan sebagai berikut :         Kematian tidak terduga dan t

PENCAPAIAN INDIKATOR MUTU AREA MANAJEMEN TRIWULAN I 2018

Hasil Pencapaian Indikator mutu utama sesuai dasar Metode Validasi Measure Category Agreement kami nyatakan data tersebut Valid apabila nilai Measure Category Agreement pada Validasi data ≥ 80 %, apabila nilai Measure Category Agreement pada Validasi data < 80% kami nyatakan data tersebut Tidak Valid. IAM 1 Angka ketersediaan obat dan alkes emergensi di ruang IGD IAM 2 Kecepatan respon time terhadap komplain IAM 3 Emergency respon time < 5 menit IAM 4 Ketepatan jam visite dokter spesialist IAM 5 Kepuasan pasien dan keluarga   IAM 6 Tingkat kepuasan karyawan rumah sakit IAM 7 Pelaporan demografi pasien dengan diagnosis klinik DHF IAM 8 Ketepatan waktu pengajuan verifikasi klaim pasien BPJS IAM 9 Waktu tunggu rawat j