Langsung ke konten utama

INDIKATOR MUTU UTAMA RUMAH SAKIT ISLAM SUNAN KUDUS TAHUN 2017


Pengukuran mutu dan keselamatan pasien RS meliputi Area Manajerial, Area Pelayanan Klinis Dan Area Sasaran Keselamatan Pasien, serta Area JCI Library Measures.

Indikator Mutu Utama Terdiri dari 10 Indikator Area Klinis, 9 Indikator Area Manajemen, 6 Indikator Sasaran Keselamatan Pasien dan 5 Indikator Library.



INDIKATOR AREA KLINIS
INDIKATOR AREA KLINIS RSI
1
Asesmen Terhadap Area Klinik
Kelengkapan Asesmen Awal Medis Dalam 24 Jam Pada Pasien Rawat Inap
2
Pelayanan Laboratorium
Pelaksanaan Ekspertisi Hasil Pemeriksaan Laboratorium Oleh Spesialis Patologi Klinik
3
Pelayanan Radiologi Dan Diagnostic Imaging
Angka Pengulangan Pemeriksaan Radiologi
4
Prosedur Bedah
Angka Kepatuhan Penandaan / Side Marking Sebelum Operasi Pada Bagian Tubuh Yang Mempunyai 2 Sisi
5
Penggunaan Antibiotika Dan Obat Lainnya
Angka Penggunaan Antibiotik Ganda (> 1 Antibiotik Dalam 1 Resep)
6
Kesalahan Medis (Medication Error) Dan Kejadian Nyaris Cedera (KNC)
Insiden Kesalahan Cara Pemberian Obat
7
Anestesi Dan Penggunaan Sedasi
Kelengkapan Laporan Anestesi
8
Penggunaan Darah Dan Produk Darah
Angka Kejadian Reaksi Tranfusi Darah
9
Ketersediaan, Isi Dan Penggunaan Catatan Medik
Angka Kelengkapan Pengisian Rekam Medis Pasien Pulang 24 Jam Setelah Pelayanan Rawat Inap
10
Pencegahan Dan Control Infeksi, Surveilans Dan Pelaporan
Angka Kejadian Infeksi Daerah Operasi (IDO)
INDIKATOR AREA MANAJEMEN
INDIKATOR AREA MANAJEMEN RSI
1
Pengadaan Rutin Peralatan Kesehatan Dan Obat Untuk Memenuhi Kebutuhan Pasien
Angka Ketersediaan Obat Dan Alkes Emergensi Di Ruang IGD
2
Pelaporan Aktivitas Yang Diwajibkan Oleh Peraturan Perundang-Undangan (Dipantau Oleh Sekretariat)
Ketepatan Waktu Laporan Insiden Keselamatan Pasien 2 X 24 Jam
3
Manajemen Risiko
Angka Tertusuk Jarum Suntik
4
Manajemen Penggunaan Sumber Daya
Angka Pemanfaatan Tempatidur (BOR) Di Ruang Vip (Utilisasi Ruangan VIP)
5
Harapan Dan Kepuasan Pasien Dan Keluarga
Angka Tingkat Kepuasan Pasien Dan Keluarga Di ICU
6
Harapan Dan Kepuasan Staf
Tingkat Kepuasan Karyawan Rumah Sakit
7
Demografi Pasien Dan Diagnosis Klinik
Pelaporan Demografi Pasien Dengan Diagnosis Klinik Dhf
8
Manajemen Keuangan
Ketepatan Waktu Pengajuan Verifikasi Klaim Pasien BPJS
9
Pencegahan Dan Pengendalian Dari Kejadian Yang Dapat Menimbulkan Masalah Bagi Keselamatan Pasien, Keluarga Pasien Dan Staf
Jumlah SDM Yang Teredukasi Hand Hygine
INDIKATOR SASARAN KESELAMATAN PASIEN
INDIKATOR SASARAN KESELAMATAN PASIEN RSI
1
Ketepatan Identifikasi Pasien
Insiden Kesalahan Pemakaian Gelang Identitas
2
Peningkatan Komunikasi Yang Efektif
Kepatuhan Dpjp Melakukan Verifikasi Dengan Pengisian TBK 1x24 Jam
3
Peningkatan Keamanan Obat Yang Perlu Diwaspadai
Insiden High Alert Medication Yang Ditemukan Tanpa Label High Alert Dirawat Inap
4
Kepastian Tepat Lokasi, Tepat Prosedur, Tepat Pasien Operasi
Dilaksanakannya Prosedur Sign In,Time Out Dan Sign Out Di Kamar Opersi
5
Pengurangan Risiko Infeksi Terkait Pelayanan Kesehatan
Kepatuhan Cuci Tangan Petugas Rawat Inap
6
Pengurangan Risiko Pasien Jatuh
Angka Kepatuhan Petugas Dalam Melaksanakan Assesment Resiko Jatuh Di Ranap
INDIKATOR INTERNATIONAL LIBRARY
INDIKATOR INTERNATIONAL LIBRARY RSI
1
Edukasi Stroke
Pasien Stroke Yang Mendapat Pelayanan Rehabilitasi Medik
2
Perawatan Perinatal
Perawatan Perinatal (I-PC-02) Pelaksanaan Sectio Caesarea (SC) Pada Ibu Nullipara Hamil Aterm, Bayi Tunggal Dan Posisi Letak Kepala
3
Pemberian Asi Eksklusif
Memberikan Asi Eksklusif Pada Bayi Baru Lahir Selama Perawatan Di Rumah Sakit
4
Menekan Kejadian Dekubitus
Angka Kejadian Decubitus
5
Pencegahan Pasien Jatuh
Angka Insiden Pasien Jatuh

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT ISLAM "SUNAN KUDUS"

U paya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dapat diartikan keseluruhan upaya dan kegiatan secara komprehensif dan integratif memantau dan menilai mutu kesehatan, memecahkan masalah-masalah yang ada dan mencari jalan keluarnya, sehingga mutu pelayanan kesehatan diharapkan lebih baik. Keselamatan pasien rumah sakit adalah suatu sistem dimana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman yang meliputi asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan risiko pasien, pelaporan dan analisa insiden, kepemimpinan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya, serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko, mencegah terjadinya cidera yang diesebabkan oleh kesalahan akibat dilaksanakannya suatu tindakan / tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil. Program kerja dibuat berdasarkan pedoman peningkatan mutu, standar pelayann minimal rumah sakit, standar akreditasi rumah sakit, panduan keselamatan pasien, peraturan pemerintah, peranturan menteri kese

KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT ISLAM SUNAN KUDUS

Keselamatan pasien / Patient Safety   Rumah Sakit Adalah suatu sistem dimana Rumah Sakit membuat asuhan pasien lebih aman yang meliputi :         Assesmen resiko,         Identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan resiko pasien,         Pelaporan dan analisis insiden,         Kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya,         Serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya resiko dan mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil. RUANG LINGKUP : Insiden Keselamatan Pasien ( IKP ) Setiap kejadian yang tidak disengaja dan kondisi yang mengakibatkan atau berpotensi mengakibatkan cedera yang dapat dicegah pada pasien. Insiden Keselamatan Pasien meliputi : A.   Kejadian Sentinel Suatu KTD yang mengakibatkan kematian atau cedera yang serius. Kejadian sentinel meliputi keadaan sebagai berikut :         Kematian tidak terduga dan t

PENCAPAIAN INDIKATOR MUTU AREA MANAJEMEN TRIWULAN I 2018

Hasil Pencapaian Indikator mutu utama sesuai dasar Metode Validasi Measure Category Agreement kami nyatakan data tersebut Valid apabila nilai Measure Category Agreement pada Validasi data ≥ 80 %, apabila nilai Measure Category Agreement pada Validasi data < 80% kami nyatakan data tersebut Tidak Valid. IAM 1 Angka ketersediaan obat dan alkes emergensi di ruang IGD IAM 2 Kecepatan respon time terhadap komplain IAM 3 Emergency respon time < 5 menit IAM 4 Ketepatan jam visite dokter spesialist IAM 5 Kepuasan pasien dan keluarga   IAM 6 Tingkat kepuasan karyawan rumah sakit IAM 7 Pelaporan demografi pasien dengan diagnosis klinik DHF IAM 8 Ketepatan waktu pengajuan verifikasi klaim pasien BPJS IAM 9 Waktu tunggu rawat j