Langsung ke konten utama

CLINICAL PATHWAY RUMAH SAKIT ISLAM SUNAN KUDUS TAHUN 2017

Clinical Pathway
A.  Clinical Pathway adalah sebuah rencana yang menyediakan secara detail setiap tahap penting dari pelayanan kesehatan, bagi pasien dengan masalah klinis tertentu, berikut dengan hasil yang diharapkan.
     Clinical Pathway adalah suatu konsep perencanaan pelayanan terpadu yang merangkum setiap langkah yang diberikan kepada pasien berdasarkan standar pelayanan medis dan asuhan keperawatan yang berbasis bukti dengan hasil yang terukur dan dalam jangka waktu tertentu selama di rumah sakit.
B.  Tujuan Clinical Pathway
*        Menjamin agar tidak satupun dari aspek pelayanan yang penting akan terlupakan dan dilaksanakan tepat waktu ( dari pre admision sampai dengan discharge ).
*        Memfasilitasi pengenalan terhadap Clinical guideline  yang sistematis sehingga dapat dilakukan audit yang juga sistematis.
*        Meningkatkan komunikasi multidisiplin dalam perencanaan dan implementasi asuhan serta antar klinis dengan pasien.
*        Memenuhi standar mutu klinis dengan mengurangi variasi yang tidak diinginkan dalam pelayanan klinis sekaligus sebagai efisiensi sumber daya.
*        Menunjukan kepada pihak ketiga (asuransi) tentang best practice.
C.  Sesuai dengan Kebijakan Direksi dan Panduan Praktek Klinik di Rumah Sakit Islam “SUNAN KUDUS” pelayanann yang dituangkan dalam Clinical Pathway sebagai berikut :
1.    Appendixitis
2.    Hernia Inguinalis
3.    Dengue Hemoragic Fever Pada Anak
4.    Demam Thypoid
5.    Gastroenteritis
     Monitoring dan evaluasi perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
*        Setiap penyimpangan langkah dalam penerapan Clinical Pathway dicatat sebagai varians dan dilakukan kajian analisis dalam bentuk audit.
*        Varians tersebut dapat karena kondisi perjalanan penyakit, penyakit penyerta atau komplikasi maupun kesalahan medis (medical errors)


     Monitoring kepatuhan terhadap clinical pathway dilakukan setiap bulan, oleh Komite Mutu dan Keselamatan Pasien bersama dengan Wakil Ketua Komite Medik dan Case Manager.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT ISLAM "SUNAN KUDUS"

U paya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dapat diartikan keseluruhan upaya dan kegiatan secara komprehensif dan integratif memantau dan menilai mutu kesehatan, memecahkan masalah-masalah yang ada dan mencari jalan keluarnya, sehingga mutu pelayanan kesehatan diharapkan lebih baik. Keselamatan pasien rumah sakit adalah suatu sistem dimana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman yang meliputi asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan risiko pasien, pelaporan dan analisa insiden, kepemimpinan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya, serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko, mencegah terjadinya cidera yang diesebabkan oleh kesalahan akibat dilaksanakannya suatu tindakan / tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil. Program kerja dibuat berdasarkan pedoman peningkatan mutu, standar pelayann minimal rumah sakit, standar akreditasi rumah sakit, panduan keselamatan pasien, peraturan pemerintah, peranturan menteri kese

KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT ISLAM SUNAN KUDUS

Keselamatan pasien / Patient Safety   Rumah Sakit Adalah suatu sistem dimana Rumah Sakit membuat asuhan pasien lebih aman yang meliputi :         Assesmen resiko,         Identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan resiko pasien,         Pelaporan dan analisis insiden,         Kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya,         Serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya resiko dan mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil. RUANG LINGKUP : Insiden Keselamatan Pasien ( IKP ) Setiap kejadian yang tidak disengaja dan kondisi yang mengakibatkan atau berpotensi mengakibatkan cedera yang dapat dicegah pada pasien. Insiden Keselamatan Pasien meliputi : A.   Kejadian Sentinel Suatu KTD yang mengakibatkan kematian atau cedera yang serius. Kejadian sentinel meliputi keadaan sebagai berikut :         Kematian tidak terduga dan t

PENCAPAIAN INDIKATOR MUTU AREA MANAJEMEN TRIWULAN I 2018

Hasil Pencapaian Indikator mutu utama sesuai dasar Metode Validasi Measure Category Agreement kami nyatakan data tersebut Valid apabila nilai Measure Category Agreement pada Validasi data ≥ 80 %, apabila nilai Measure Category Agreement pada Validasi data < 80% kami nyatakan data tersebut Tidak Valid. IAM 1 Angka ketersediaan obat dan alkes emergensi di ruang IGD IAM 2 Kecepatan respon time terhadap komplain IAM 3 Emergency respon time < 5 menit IAM 4 Ketepatan jam visite dokter spesialist IAM 5 Kepuasan pasien dan keluarga   IAM 6 Tingkat kepuasan karyawan rumah sakit IAM 7 Pelaporan demografi pasien dengan diagnosis klinik DHF IAM 8 Ketepatan waktu pengajuan verifikasi klaim pasien BPJS IAM 9 Waktu tunggu rawat j