Mutu pelayanan Rumah Sakit adalah derajat kesempurnaan pelayanan Rumah
Sakit untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang sesuai
dengan standar profesi dan standar pelayanan dengan menggunakan potensi sumber
daya yang tersedia di Rumah Sakit secara wajar, efisien dan efektif serta
diberikan secara aman dan memuaskan sesuai dengan norma, etika, hukum dan
sosial budaya dengan memperhatikan keterbatasan dan kemampuan pemerintah dan
masyarakat.
Peningkatan mutu secara menyeluruh meningkatkan keselamatan pasien
dan memperkecil risiko pada pasien dan staf secara berkesinambungan.
Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dapat diartikan
keseluruhan upaya dan kegiatan secara komprehensif dan integratif memantau dan
menilai mutu kesehatan, memecahkan masalah-masalah yang ada dan mencari jalan
keluarnya, sehingga mutu pelayanan kesehatan diharapkan lebih baik.
Keselamatan pasien Rumah Sakit adalah suatu sistem di mana Rumah Sakit
membuat asuhan pasien lebih aman yang meliputi asesmen risiko, identifikasi dan
pengelolaan hal yang berhubungan dengan risiko pasien, pelaporan dan analisa
insiden, kepemimpinan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya, serta
implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko, mencegah terjadinya cedera
yang disebabkan oleh kesalahan akibat dilaksanakan suatu tindakan/tidak
mengambil tindakan yang seharusnya diambil.
Untuk itu Rumah Sakit Islam “SUNAN KUDUS” mengadakan kegiatan Pelatihan
Staf agar mutu pelayanan di Rumah Sakit senantiasa meningkat demi menjamin
keselamatan bagi pasien dan karyawan.
Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya
manusia dalam hal SISMADAK di Rumah Sakit Islam “SUNAN KUDUS”.
Aplikasi SISMADAK atau Sistem
Manajemen Dokumen Akreditasi merupakan aplikasi alat bantu yang diperuntukkan
bagi Rumah Sakit yang mengikuti program Akreditasi yang diselenggarakan oleh
Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).
Pada
Hari / Tanggal : Senin & Selasa / 23 & 24 Desember 2019
Pukul :
08.00 WIB s/d Selesai
Tempat
: Aula Serbaguna Lantai 2
Telah
Diselenggarakan acara Pelatihan
Dengan
Judul Kegiatan : Program Peningkatan Mutu Penyusunan Dokumen Akreditasi
Pada
acara tersebut :
Sebagai Narasumber : Dr. Wawan Eko Darmawan
Andi Budi S. AMAK
Alfiyan (IT)
Djoko Santosa, S.Kep.
Sebagai Moderator : Sugiyarti, S.Kep., Ners.
Dengan
jadwal sebagai berikut :
Pukul
|
Acara
|
Keterangan
|
08.00 – 08.15
|
Registrasi & Pembukaan
|
Panitia
|
08.15 – 08.30
|
Safety Brefing
|
Satuan Pengamanan
|
08.30 – 08.35
|
Manyanyikan lagu Indonesia
Raya
|
Seluruh Hadirin secara Bersama-sama
|
08.35 – 08.50
|
Pre Test
|
Peserta
|
08.50 – 09.00
|
Sambutan Direktur sekaligus
Pembukaan Acara IHT
|
|
09.00 – 09.30
|
Penyampaian Materi PMKP SNARS Edisi I
|
Dr.
Wawan Eko Darmawan
|
09.30 – 10.00
|
Penyampaian Materi Keselamatan Pasien.
|
Dr.
Wawan Eko Darmawan
|
10.00 – 10.15
|
Coffee Break
|
|
10.15 – 10.30
|
Penyampaian Materi Teori
SISMADAK
|
Andi Budi Sutrisno, AMAK
|
10.30 – 10.45
|
Penyampaian Materi Indikator
Mutu
|
Djoko Santosa, S.Kep
|
10.45 – 11.30
|
Praktek dan Simulasi Aplikasi
SISMADAK secara langsung
|
Alfian (IT)
|
11.30 – 11.45
|
Post Test
|
Peserta
|
11.50
|
Penutup
|
Panitia
|
Susunan Acara Pelatihan :
1. Registrasi
dan Pre test untuk peserta.
2. Safety
Breafing Oleh Satuan Pengamanan (Maulida)
3. Pembukaan,
Oleh Pembawa Acara (Sugiyarti), dilanjutkan Menyanyikan Lagu Kebangsaan. Oleh Seluruh
Hadirin
4. Sambutan
Direktur Rumah Sakit Islam “SUNAN KUDUS” diwakili Oleh Dr. Antin Yohana.
5. Penyampaian Materi dan Pelatihan Peningkatan Mutu Dan Keselamatan Pasien Snars
Edisi I Dan SISMADAK sebagaimana terjadwal Oleh pemateri
6. Tanggapan,
pertanyaan, kritik/ saran, masukan dari Peserta Pelatihan dan Tanggapan dari
Penyaji.
7. Penutup
oleh Ketua Panitia (Dr. Wawan Eko Darmawan)
Kehadiran peserta dalam 2 hari sebanyak 34 orang, panitia yang
termasuk peserta sebanyak 13 orang, dan jumlah kehadiran peserta pelatihan sebanyak : 100%.
Komentar
Posting Komentar