Langsung ke konten utama

PROGRAM PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT ISLAM "SUNAN KUDUS"



Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dapat diartikan keseluruhan upaya dan kegiatan secara komprehensif dan integratif memantau dan menilai mutu kesehatan, memecahkan masalah-masalah yang ada dan mencari jalan keluarnya, sehingga mutu pelayanan kesehatan diharapkan lebih baik.
Keselamatan pasien rumah sakit adalah suatu sistem dimana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman yang meliputi asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan risiko pasien, pelaporan dan analisa insiden, kepemimpinan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya, serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko, mencegah terjadinya cidera yang diesebabkan oleh kesalahan akibat dilaksanakannya suatu tindakan / tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil.
Program kerja dibuat berdasarkan pedoman peningkatan mutu, standar pelayann minimal rumah sakit, standar akreditasi rumah sakit, panduan keselamatan pasien, peraturan pemerintah, peranturan menteri kesehatan dan peraturan-peraturan lain yang mendukung peningkatan mutu dan keselamatan pasien.
Sesuai Surat Keputusan  Direktur Nomor : 692/135.B/RSI.SK/IV/2017 tentang Struktur Organisasi Komite Mutu dan Keselamatan Paisen (KMKP) Rumah Sakit Islam “SUNAN KUDUS”, dapat dilihat dalam gambar berikut ini:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT ISLAM SUNAN KUDUS

Keselamatan pasien / Patient Safety   Rumah Sakit Adalah suatu sistem dimana Rumah Sakit membuat asuhan pasien lebih aman yang meliputi :         Assesmen resiko,         Identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan resiko pasien,         Pelaporan dan analisis insiden,         Kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya,         Serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya resiko dan mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil. RUANG LINGKUP : Insiden Keselamatan Pasien ( IKP ) Setiap kejadian yang tidak disengaja dan kondisi yang mengakibatkan atau berpotensi mengakibatkan cedera yang dapat dicegah pada pasien. Insiden Keselamatan Pasien meliputi : A....

PROGRAM PENINGKATAN MUTU PENYUSUNAN DOKUMEN AKREDITASI

Mutu pelayanan Rumah Sakit adalah derajat kesempurnaan pelayanan Rumah Sakit untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan dengan menggunakan potensi sumber daya yang tersedia di Rumah Sakit secara wajar, efisien dan efektif serta diberikan secara aman dan memuaskan sesuai dengan norma, etika, hukum dan sosial budaya dengan memperhatikan keterbatasan dan kemampuan pemerintah dan masyarakat. Peningkatan mutu secara menyeluruh meningkatkan keselamatan pasien dan memperkecil risiko pada pasien dan staf secara berkesinambungan. Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dapat diartikan keseluruhan upaya dan kegiatan secara komprehensif dan integratif memantau dan menilai mutu kesehatan, memecahkan masalah-masalah yang ada dan mencari jalan keluarnya, sehingga mutu pelayanan kesehatan diharapkan lebih baik. Keselamatan pasien Rumah Sakit adalah suatu sistem di mana Rumah Sakit membuat asuhan pasien lebih aman ya...